Ide-Ide Kreatif Untuk Mengajarkan Lagu, Sajak Berirama dan Puisi Anak-anak

  • Lagu Anak
  • May 1, 2013 7:14 pm
  • Blog

Ide Kreatif Mengajarkan Lagu, Sajak Berirama dan Puisi Untuk Anak-Anak

Ada banyak cara yang bisa digunakan dan diterapkan untuk mengajarkan lirik lagu berirama apada anak-anak. Tidak ada satupun anak yang mengetahui lagu, puisi ataupun sajak berirama sejak lahir, semuanya harus diperkenalkan oleh para orang tua sejak dini. Saat pertama kali memperkenalkan lagu berirama pada anak-anak, anda dapat membacanya terlebih dahulu, lebih baik lagi kalau sambil menyanyikan lagu tersebut sambil memperlihatkan gambar-gambar menarik pada mereka. Ajak anak-anak untuk menyanyi bersama anda.

Lagu Berirama Yang Mengandung Aktivitas

Ada banyak lagu berirama mengandung kata-kata yang menjelaskan aktifitas sehari-hari dalam kehiduapan anak-anak, seperti berlari, berdansa, membuat mainan kertas, mewarnai, menggambar dan banyak lagi. Jika ada lagu yang mempunyai kata-kata yang sama dengan aktivitas-aktivitas di atas, maka hal tersebut dapat membantu mereka untuk mengerjakannya dengan lebih cepat. Ada baiknya juga, anda menggunakan mainan mereka seperti boneka atau yang lainnya untuk melakukan gerakan-gerakan yang sama dengan lirik lagu yang dinyanyikan. Ketika anak-anak melihat mainan favoritnya menggosok gigi, maka mereka juga akan mengikuti mainannya melakukan hal yang sama. Lagu-lagu seperti Bangun Tidur, Naik Kereta Api, Naik Delman adalah beberapa lagu yang dapat dijadikan contoh untuk kategori lagu aktivitas berirama yang dapat mengembangkan aktivitas dan sensor motorik anak anda.

Menggunakan Lagu Berirama Untuk Mengajarkan Anak-Anak Konsep Yang Baru

  1. Penggunaaan lagu berirama dapat diterapkan saat anak-anak berada di sekolah taman kanak-kanak. Contohnya, lagu Dua Mata Saya dapat digunakan untuk mengenalkan anak-anak pada panca indranya. Saat jari-jarinya menyentuh indranya anak-anak akan tahu semua nama panca indranya dan kegunaannya.
  2. Lagu lain yang dapat menjadi contoh adalah lagu Satu Ditambah Satu atau Satu Satu Aku Sayang Ibu, yang dapat mengajarkan anak-anak berhitung secara sederhana. Tanpa disadari anak anda telah dapat  berhitung dalam hatinya.
  3. Lirik lagu Naik Delman atau Naik Kereta Api dapat mengenalkan anak-anak pada metode transportasi yang ada di negerinya. Secara detail lagu tersebut menceritakan tentang sebutan untuk Pak Kusir yang mengendalikan kudanya, atau suara kereta api yang berbunyi tut tut tut ketika bergerak.
  4. Ada juga lagu daerah yang tidak kalah uniknya seperti Gelang Sipaku Gelang. Lagu tersebut dapat mengenalkan anak-anak akan kaya dan ragamnya budaya Indonesia yang terdiri dari lebih dari 300 suku dan bahasa daerah.

Intinya ada banyak sekali lirik, sajak, dan lagu anak-anak yang dapat anda ajarkan pada anak anda beserta menjelaskan apa arti di balik lagu-lagu tersebut. Kami memiliki banyak koleksi lagu anak-anak mulai dari lagu pengantar tidur sampai lagu sajak berirama yang dapat menjaga tradisi para orang tua yang ingin menyanyikan lagu sebelum anaknya tidur.


Tinggalkan Pesan