Cerita Tersembunyi Dari Sajak Lagu Berirama

  • Lagu Anak
  • May 1, 2013 1:53 pm
  • Blog

Cerita tersembunyi Di Balik Sajak Lagu Berirama

Banyak sajak lagu berirama yang kita baca dan nyanyikan setiap hari berasal dari peristiwa yang benar-benar terjadi di masa lalu. Pesan tersembunyi yang terkandung dalam sajak lagu berirama sudah pudar termakan waktu. Pembuatan sajak lagu berirama biasanya didasari dari jaman kerajaan, politik dan juga kejadian sehari-hari.Sebaik apapun asal muasal sajak berirama, tidak ada yang tahu pasti kapan tepatnya sajak tersebut muncul ke permukaan. Dalam dunia sajak berirama di negeri manapun, akal sehat tetap dijadikan dasar untuk pembuatannya.

Selama ratusan tahun, sajak lagu berirama telah menjadi bagian penting dalam kehidupan masa kanak-kanak. Lagu berirama telah dinyanyikan berulang kali untuk anak-anak di kala mereka bangun tidur, menjelang tidur, saat mereka belajar tentang binatang dan hal-hal yang terjadi di sekitar mereka.

Kebebasan Berbicara Dan Berekspresi

Sajak berirama dapat membuat seseorang untuk berekspresi dan berbicara bebas dengan menggunakan bait-bait pendek. Biasanya, sajak berirama sangat pendek sehingga memudahkan pembacanya, khususnya anak-anak untuk mengingat angka ataupun huruf. Untuk orang-orang yang buta huruf, sajak berirama juga dapat digunakan untuk menyampaikan pesan sehari-hari.

Sajak berirama pertama berbahasa Inggris dapat ditelusuri hingga abad ke-14! Sajak berirama ini sangat pendek tetapi dapat menangkap imajinasi dengan cepat dan menularkannya dari mulut ke mulut. Berikut sajak bahasa Inggris pertama yang menuai kontroversi tentang persamaan derajat.

“When Adam delved and Eve span”
“Who was then a gentleman”

(‘delved’ artinya bekerja dan ‘span’ berarti memintal benang, sajak di atas memiliki arti tidak ada diskriminasi kelas)


Tinggalkan Pesan