Bagaimana Puisi, Sajak Berirama dan Lagu Membantu Anak-Anak Untuk Belajar

  • Lagu Anak
  • May 2, 2013 11:44 am
  • Blog

Apa Itu Sajak Lagu Berirama

Sajak lagu berirama adalah puisi atau lagu tradisional yang digunakan untuk mengajari anak-anak di rumah, atau sebelum masuk sekolah. Sajak ini umumnya digunakan untuk mengembangkan pemahaman kosa kata selama anak tersebut tumbuh besar. Sajak lagu ini terutama membantu dalam berhitung, menghafalkan huruf dan mempelajari tentang binatang dan buah-buahan, dan yang lainnya.

Sajak lagu berirama biasanya mempunyai rima yang merangsang anak-anak untuk bermain-main dengan musik, dan bahkan ada gerakan-gerakan tubuh yang bisa dilakukan sambil bernyanyi untuk menghubungkan gerakan tersebut dengan sajak tertentu.

Setiap sajak lagu berirama mempunyai ritme yang unik untuk membantu anak-anak memahami kata-kata yang terkandung di dalamnya, sehingga membantu pertumbuhan daya ingat anak-anak. Naik Kereta Api Tut Tut Tut mempunyai unsur pengulangan agar anak-anak dapat dengan cepat mengingat lagu tersebut. Umur yang tepat untuk pengembangan daya ingat adalah antara 6-9 tahun, karena saat umur tersebut anak-anak dapat mengingat sesuatu dengan cepat dan cenderung untuk bertahan lama.

Kami yakin anda pasti masih mengingat lagu “Naik Kereta Api”. Juga dipercayai bahwa anak-anak yang belum bisa membaca, mengingat lebih baik daripada anak-anak yang bisa membaca, karena anak yang belum bisa membaca tidak dapat merujuk kembali pada teks untuk informasi, tetapi harus menghafal semua yang mereka lihat dan dengar.

Sajak Lagu Berirama Sangat Menawan Dan Beragam

Sajak lagu anak-anak biasanya punya cerita yang menawan dan bahasa yang jelas, serta karakter di dalamnya sangat beragam dan berwarna. Lagu-lagu berirama ini telah menangkap daya imajinasi anak-anak di seluruh dunia dan membuat mereka terkagum-kagum selama berabad-abad. Sajak lagu berirama dan nyanyian mengenalkan anak-anak pada dunia yang ada di dunia nyata, dan membantu mereka dalam mengembangkan imajinasinya. Lagu Naik Naik Ke Puncak Gunung bercerita tentang pengalaman yang dilihat selama mendaki gunung, walaupun anak tersebut belum pernah mendaki, tetapi mereka dapat berimajinasi apa saja yang bisa dilihat saat mendaki gunung.

Mengembangkan Kosa Kata dan Konsep Lain

Sajak dan lagu anak terbentuk dari kata-kata yang mudah untuk dipahami dan rima yang menarik. Hal ini membuat anak-anak dapat dengan mudah mempelajari sajak lagu tersebut sehingga membantu mereka dalam memahami kosa kata. Berhitung juga termasuk bagian integral dalam sajak lagu, anak-anak dapat belajar menghitung sambil bermain di saat yang sama. Saat bernyanyi lagu dengan ritme tertentu, anak-anak akan mengikuti ritme, puisi atau sajak berulang-ulang sehingga meningkatkan dasar untuk membaca.

Konsep lain dari sajak berirama adalah membantu anak-anak untuk mengenal pelajaran matematika seperti waktu, tinggi, temperatur, cuaca, posisi, dan sebagainya.

Sebagian besar sajak berirama berisi lagu, ilustrasi, puisi dan cerita pendek. Para orang tua sangat disarankan untuk membaca dengan anak-anak mereka supaya si buah hati dapat dengan riang gembira meningkatkan kemampuan bahasa mereka. Jika anda orang yang kreatif, coba buat sendiri sajak lagu berirama menggunakan objek sekitar yang akrab dengan anak anda, contohnya perabotan yang ada di rumah anda.

Anda dapat menemukan banyak sekali sajak lagu untuk diajakarkan pada anak anda di Lirik Lagu Anak


Tinggalkan Pesan